Minggu, 12 Agustus 2012

DEMAM KOREA?

Menjamurnya bintang dan drama-drama Korea di layar kaca pertelevisian Indonesia telah menghipnotis jutaan pasang mata yang melihat. Animo masyarakat Indonesia terhadap keberadaan pengaruh Korea ini sangat tinggi, bisa dilihat dari perubahan gaya hidup yang mengkiblatkan pada Negara gingseng tersebut.
Perubahan gaya hidup yang dimaksud adalah perubahan dari cara berpakaian yang meniru dari selebritis Korea. Sering kita jumpai di mall atau pusat perbelanjaan lainnya, para remaja berdandan ala korea, dari pakaian, make up, gaya rambut, dll. Ini mencirikan bahwa pengaruh korea sangat diterima baik di hati masyarakat Indonesia. Tak jarang dari mereka rela-rela menyempatkan waktu mereka untuk belajar bahasa Korea.
Seperti fenomena yang sudah ada di Indonesia, demam koreapun banyak membawa manfaat.
Dilihat dari dunia permusikan, demam korea menginspirasi para muda-mudi bangsa untuk berkreasi dan berinovasi dalam dunia music tanah air, seperti hadirnya boyband atau girlband yang sekarang popularitasnya sedang naik daun. Atau lebih bisa membuka cakrawala pengetahuan kita akan kebudayaan Negara orang.
Boyband atau girlband Indonesia membuat panggung music Indonesia lebih berwarna, ditambah lagi dengan wajah-wajah khas oriental yang mereka punya yang menjadi daya tarik dari penampilan mereka. Music yang energic serta diiringi dengan dance yang mengagumkan menjadikannya mereka dipuja-puja saat ini.
Music yang disuguhkan boyband atau girlband Indonesia ini tidak jauh berbeda dengan musik yang dibawakan boyband/girlband korea. Musik yang atraktif dan mampu membuat pendengar ingin menari inipun laris di pasaran. Genre yang menjadi kiblat kebanyakan boyband/girlband Indonesia inipun dinamakan K-Pop atau Korean pop.
Tidak hanya dalam genre musik saja yang mampu menghipnotis banyak orang, melainkan wajah-wajah dari boyband/girlband Indonesia inipun mampu menyedot perhatian pecinta music tanah air. Kulit putih, wajah oriental, dan gaya yang hampir serupa dengan korea inipun menjadikannya sebagai idola baru di kalangan remaja Indonesia.
Tetapi, perlu diingat bahwa kita harus melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia!! YEAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar