Jumat, 07 Desember 2012

Jangan lagi "Ejek" Bangsa Kita Sendiri :)

     Bagiku, mempelajari budaya asing sangatlah menyenangkan dan menambaha khazanah pengetahuan umum kita :) ya engga? yang sekarang lagi menjamur adalah "Korea wave". Apaan tuh? itu loh deman korea gitu, anak Indonesia sekarang lagi demen-demen nya sama hal yang berbau dengan negara gingseng tersebut, dari mulai cara berpakaian, make up sampai ada yang rela ikutan belajar bahasanya juga tuh.
     It's nice guys, mempelajari budaya asing enggak dilarang kok, tapi ingat! Jangan sampai budaya Indonesia terkikis dengan adanya budaya asing tersebut yah :)
     Kebetulan, aku juga penggemar K-pop kok :) aku suka dengan aksi mereka saat tampil di panggung, energic dan penuh percaya diri dengan wajah yang "tampan" dan "cantik". Sebenarnya, orang Indonesia juga mempunyai wajah yang cantik dan tampan loh, ga kalah deh sama orang luar negeri :)
     Bicara pengaruh budaya Korea di Indonesia nih emang banyak banget yah, Guys :) kita ambil contoh yaitu adanya boy/girlband Indonesia yang khas wajah oriental yang "terinspirasi" oleh boy/girlband Korea.
     Banyak yang mencela kehadiran mereka di Indonesia. Mirip sama Korea lah, jelek lah, ga ngaca lah. Kata-kata umpatan itu yang aku sering dengar dan membuat hatiku bertanya-tanya. Apa mereka tidak mengerti artinya "Menghargai"? Mereka lahir dan besar dimana? Indonesia kan?
     Kawan, mereka berdandan dan berpenampilan ala Korea adalah secara tidak langsung kita yang membuat mereka seperti itu. Kita selalu mengelu-elukan, mencintai dan memuja hal-hal yang berbau Korea, oleh karena itu mereka (Boy/girlband Indonesia) berupaya untuk mendapat tempat di hati kita yaitu dengan cara bernampilan ala Korea. Dengan cara itu, mereka akan mendapatkan sorotan mata kalian.
     Engga munafik yah, kadang aku sebel dengan keberadaan Boy/girlband Indonesia. Kenapa mereka mesti mengikuti? cobalah untuk lebih mengembangkan potensi mereka untuk mengangkat kebudayaan Indonesia. betul engga?
     Indonesia ternyata banyak menyimpan sesuatu yang membuat negara asing iri loh. Beragam bahasa, budaya, agama, ras bercampur menjadi satu :) di negara lain jarang ada yang begini. Orang Indonesia pun terkenal dengan keramah-tamahannya. Selain itu, wanita Indonesia terkenal dengan keeksotisannya, jadi untuk apa kita berkhayal ingin menjadi seperti orang luar negeri?
     Jangan mengejek hasil karya bangsa sendiri yah, kita seharusnya patut bangga terhadap hasil karya anak bangsa. Banyak kok musisi yang sudah melanglang buana di dunia Internasioanal, tapi banyak yang gak tau juga -___- contohnya Mocca yang bisa tumbuh di Korea nih, terus ada The S.I.G.I.T yang sering banget main di Amerika, hebat kan? Agnes Monica, Dira Sugandi, dan berbagai macam musisi lainnya mampu membawa nama bangsa Indonesia di kancah Internasional.
     Tuh kan, seharusnya bangga kan jadi orang Indonesia? harus dong!!! Kita boleh mempelajari budaya negara lain tetapi tidak perlu MENGEJEK hasil karya anak bangsa kita sendiri :) Cintai negeri mu maka negeri lain pun akan iri :)
     

2 komentar:

  1. Iya jg ya. aku sih gak suka korea(bukan benci loh). Tp aq jg sering mempelajar budaya asing (terutama Spanyol, Rusia, dan Albania) tp tentu aq tidak melupakan budaya Indonesia :)

    BalasHapus
  2. Nah itu bagus, mempelajari dan mengenal budaya asing bukan berarti kita menjelk2an bangsa sndiri :)

    BalasHapus