Jumat, 19 Oktober 2012

Ayo menulis :)

   

Menulis adalah aktivitas menyusun atau merangkai kata, frasa, kalimat dan alinea serta dimensi-dimensi lainnya sehingga menjadi satu kesatuan yang padu dan utuh sebagai sebuah tulisan/narasi (Firdaus Putra A., 2008:3), hasilnya disebut tulisan (baca: karya tulis) dan orangnya disebut penulis.
Menulis juga dianggap sebagai kegiatan yang sulit loh. masa iya sih? Padahal, untuk pemula sih mudah saja kalau ingin bisa menulis. Yang pertama kita lakukan dan yang terpenting adalah TEKAD dan NIAT!! wuihhh ngeri.. Tapi bener loh, kalau kita ingin melakukan segala sesuatu yang baru, cobalah untuk NIAT!! Jangan sampe nih yaaa, sesuatu yang kita lakukan itu adalah hasil PAKSAAN. Soalnya bakal gak bagus juga hasilnya hihi :)
Abis tekad dan niat apa lagi nih Ryz? Wuihhh tenang-tenang.. apa kalian udah ada niat nih buat nulis? Oke nih.. Setelah kalian sudah mematangkan pikiran dan perasaan (lebay..) baru deh kalian mencoba menggali ide atau gagasan yang mau kalian ambil untuk bahan tulisan yang akan kamu buat!! Memang sih, menggali ide gagasan itu sangat sulit. Terbukti nih dari ucapan Henry Ford yang mengatakan bahwa "Berpikir adalah pekerjaan yang paling berat dari antara segala macam pekerjaan. Itulah sebabnya sedikit sekali orang yang senang melakukannya" Waduh susah dong? GAMPANG kok!! Caranya dengan MEMBACA!! Membaca dan menulis adalah satu kesatuan yang ga akan pernah kepisah, kaya anang-ashanty gituu hahah dengan membaca, kalian akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang banyak dan otomatis kalian akan mendapatkan ide atau gagasan yang luas juga sob!!
Tahukah kamu? otak manusia itu mampu menciptakan 1000 ide gagasan dalam setiap harinya.
Hal yang paling mudah untuk menemukan ide gagasan adalah coba untuk menuliskan tentang diri kalian sendiri, hal yang ada di sekitar kalian, seperti keluarga, teman, bahkan alam.. 
Setelah menemukan ide gagasan, kalian cobalah untuk merangkai kata. Tak perlu indah, ataupun puitis. Cukup dengan bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti bagi sang pembaca ;) Misalnya tentang dirimu sendiri, pengalaman masa lalumu, atau tentang keindahan Indonesia. Yang terpenting!! kalian harus percaya diri akan tulisan yang kamu buat, sob!! jangan pernah berpikir bahwa tulisan yang kamu buat itu tidak bagus. Tapi, berpikirlah bahwa menulis itu menyenangkan!! :D dan..
SELAMAT MENULIS :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar