Kamis, 04 Oktober 2012

Girls, AWASI KANKER SERVIKS!!

   Apa sih yang dimaksud kanker serviks? Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada leher rahim atau serviks yaitu area pada bawah rahim yang menghubungkan rahim dan wanita. Kanker serviks paling banyak yang ada di dunia ini dalam urutan ketiga. Bahkan di Indonesia, satu jam seorang wanita bisa meninggal akibat kanker ini loh, Girls! harus berhati-hati yah :)) kanker ini juga memang gak disadarin loh kehadirannya. Nah, apa saja sih faktor penyebab dari kanker serviks? ini dia :

   * Wanita yang berusia diatas 40 tahun. Karena, semakin tua usia maka semakin tinggi resiko mengidap penyakit ini.
   * Hubungan seksual di usia yang terlalu muda, berganti-ganti partner seks, atau berhubungan seks dengan pria yang sering berganti pasangan. Virus HPV dapat menular melalui hubungan seksual. Seandainya seorang pria berhubungan seks dengan seorang wanita yang menderita kanker servik, kemudian pria tersebut berhubungan sex dengan Anda, maka virus HPV dapat menular dan menginfeksi Anda.
   * Memiliki terlalu banyak anak (lebih dari 5 anak). Pada saat Anda melahirkan secara alami, janin akan melewati serviks dan menimbulkan trauma pada serviks, yang dapat memicu aktifnya sel kanker. Semakin sering janin melewati serviks, semakin sering trauma terjadi, semakin tinggi resiko kanker serviks.
   * Keputihan yang berlangsung terus-menerus dan tidak diobati. Ada dua macam keputihan, yaitu normal dan tidak normal. Pada keputihan yang normal, lendir berwarna bening, tidak bau dan tidak gatal. Jika salah satu dari ketiga syarat tersebut tidak terpenuhi, artinya keputihan Anda tidak normal. Segera konsultasi dengan dokter!
   * Membasuh atau membersihkan genital dengan air yang tidak bersih, misalnya air sungai atau air di toilet umum yang tidak terawat. Air yang kotor banyak mengandung kuman dan bakteri.
   * Pemakaian pembalut wanita yang mengandung bahan dioksin (bahan pemutih yang dipakai untuk memutihkan pembalut hasil daur ulang dari barang bekas).
    * Daya tahan tubuh yang lemah, kurangnya konsumsi vitamin C, vitamin E dan asam folat. Kebiasaan merokok juga menambah risiko kanker serviks.


    Wahhh tadi adalah faktor penyebab kanker serviks. Sangat mengerikan yah!!Tapi, bagaimana sih gejala kanker serviks? Cekidotsssss:

  • Terasa sakit saat berhubungan seksual,
  • Mengeluarkan sedikit darah setelah melakukan hubungan badan,
  • Keluar darah yang berlebihan saat menstruasi,
  • Keputihan yang tidak normal (berwarna tidak bening, bau atau gatal),
  • Pada stadium lanjut: kurang nafsu makan, sakit punggung atau tidak bisa berdiri tegak, sakit di otot bagian paha, salah satu paha bengkak, berat badan naik-turun, tidak dapat buang air kecil, bocornya urin / air seni dari vagina, pendarahan spontan setelah masa menopause, tulang yang rapuh dan nyeri panggul.

Nah itu dia cir-cirinya! Semoga diantara kalian tidak mengidap kanker ini yah, Girls!! :) Jangan takut dan gusar dong, ada loh cara untuk mencegah kanker serviks ini. Penasaran kan? Ya kan? Yuksss! Kita langsung ke T K P!!

Pencegahan kanker serviks :
  • Jaga kesehatan dan daya tahan tubuh dengan cara konsumsi makanan bergizi. Jalani pola hidup sehat dengan cara makan sayuran, buah dan sereal. Perbanyak makanan yang mengandung vitamin A, C dan E serta asam folat untuk mengurangi risiko kanker leher rahim.
  • Sebelum menggunakan toilet di tempat umum, selalu bersihkan bibir kloset dengan alkohol. Jangan membersihkan genital dengan air kotor.
  • Hindari hubungan seks di usia dini. Hindari berhubungan badan dengan banyak partner karena HPV menular melalui hubungan seksual. Hindari berhubungan sex selama masa haid/menstruasi.
  • Hindari merokok, karena penggunaan tembakau dapat menyebabkan kanker.
  • Rutin melakukan screening berupa pap smear atau IVA untuk deteksi kanker serviks secara dini.
  • Vaksinasi dapat dilakukan pada perempuan usia 10-55 tahun dengan jadwal suntikan sebanyak 3 kali, yaitu pada bulan 0, 1 dan 6. Vaksin HPV akan meningkatkan daya imun anak sehingga lebih resistan terhadap virus.
 
  Itulah segelintir pengetahuan tentang kanker serviks. Perlu diketahui, bahwa kesehatan adalah hal yang berharga dalam hidup. Pepatah bilang, mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan diri kita sendiri :) Semoga postingan ini bermanffat bagi kalian semua :)



Sumber : http://kankerserviks.org







Tidak ada komentar:

Posting Komentar