Jumat, 05 Oktober 2012

Kegagalan bukan hambatan!


Setiap manusia pernah mengalami kegagalan. Aku juga pernah bahkan sering mengalami hal tersebut. Ini hal yang biasa terjadi pada setiap manusia bukan? Tapi terkadang, saat kita mengalami kegagalan, kita sering kali menyalahkan Tuhan kenapa Dia berikan cobaan yang berat pada diri kita? Padahal, Tuhan memberikan kegagalan, karena Dia tahu kita adalah orang yang kuat! :)
Aku pernah mengidamkan, setelah lulus dari SMA akan melanjutkan kuliah di salah satu PTN terkemuka di Kota Bandung. Keinginan itu sudah sejak lama aku impikan. Aku yakin bisa! Aku yakin mampu!! Aku juga bermimpi aku akan menjadi salah satu mahasiswinya, berjalan-jalan di Kota Bandung, bahkan sudah bermimpi akan kost dimana. Sungguh pengharapan yang berlebihan!! :)
Aku mengikuti salah satu seleksi masuk, pada zamanku itu dinamakan SNMPTN Undangan. Dalam metode ini, siswa-siswi yang dipilih akan memilih jurusan dan universitas yang diinginkan. Aku tentu saja memilih universitas yang sudah lama aku idamkan. Dalam diriku, aku yakin akan lolos pada tahap ini! Karena aku percaya pada kemampuan yang aku miliki. karena AKU PANTAS ada  disitu!
Penantian selama berhari-hari pun ditentukan. Aku sudah berdoa sebelumnya agar berita yang aku dapatkan dapat menjadi mimpi terindahku. Jantungku berdetak rasanya, fikiranku kacau, entah bagaimana keringat dingin ini datang, yang pasti sudah mengucur sejak tadi di dahiku. Aku mulai membuka website resmi SNMPTN, aku memasukan kode yang telah diberikan padaku dan hasilnya AKU BELUM BERUNTUNG. Kau tahu? Rasanya seperti jatuh dari langit tertinggi! aku diam saja saat itu, entah kenapa aku rasakan air mata ini mengucur. Lalu aku menangis sejadinya. Ibuku hanya tertunduk lemas, aku tahu dia kecewa tapi dia terus berkata : Engga apa-apa, Gitu aja mewek..
Ibu, Ayah, aku tahu kalian kecewa. Maafkan aku..
Aku berusaha menghubungi teman-teman seperjuanganku. Banyak diantaranya mereka diterima :) yang lainnya sama sepertiku. Aku merasa bahwa bukan aku satu-satunya orang yang merasakan kegagalan, melainkan orang banyak! 

Sekarang, aku berterima kasih kepada Tuhan. Karena dia pernah memberikan sebuah kegagalan pada diriku. Sepertinya kegagalan ini sangat berarti bagi jangka hidupku yang panjang. Sekarang aku kuliah di UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON. Banyak yang mencaciku, banyak yang menghinaku, banyak cemoohan datang padaku. Dan aku jadikan itu sebagai SAMPAH!!
Aku bertekad bahwa, biarpun aku menuntut ilmu di universitas urutan ke 1000 tapi aku harus menjadi nomor 1! daripada harus menjadi urutan ke 1000 di universitas no 1!
Awalnya aku malu, rasanya aku ingin pindah. Tapi apa daya, aku bukanlah dari keluarga serba ada, biaya masuk universitas bagus itu bukan hal yang murah, bukan? Hehe..
Aku mampu berprestasi di universitas dimana aku belajar sekarang, aku menemukan teman yang sangat nyaman, aku mampu mengerti bahwa kegagalan itu bukan hambatan! Kaki akan terus berlari, tangan akan terus menulis, mulut akan terus berbicara, bahkan kegagalanpun tak akan mampu menghentikannya, Bukan?
Jatuh dari langit bukan hal yang menakutkan lagi, tapi jatuh dari jatih diri sendiri yang lebih memalukan. Bagaimanapun juga, kesuksesan-kegagalan, hidup-mati, akan selalu mengikuti perjalanan hidup seseorang. Tak bisa kita hindari..
Dari perjalanan kegagalan yang aku alami tadi, aku mengambil hikmah bahwa aku tak boleh terlalu percaya diri, yakin bahwa kita satu-satunya yang mampu. Tapi diluar sana, banyak orang yang jauh lebih hebat dibandingkan kita. Karena diatas langit ada langit..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar